Faktor Yang Mempengaruhi Harga Pembuatan Website

Perkembangan zaman yang semakin canggih, membuat banyak hal pun menjadi semakin dipermudah dalam segala urusan. Termasuk mempromosikan usaha atau memperkenalkan perusahaan kepada banyak orang. Satu cara yang ditempuh adalah dengan membuat website. Adanya website sendiri sangat memengaruhi citra sebuah perusahaan atau perseorangan. Saat ini website banyak dipakai sebagai media katalog online para pemilik usaha. Dimana di website tersebut dimasukkan beragam macam penawaran. Bahkan satu website bisa memberikan penawaran dalam jumlah tidak terbatas. Bagi Anda yang ingin membuat website pun sudah semakin dipermudah dengan banyaknya jasa pembuatan website. Namun yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah mengenai harga pembuatan website tersebut.

harga pembuatan website

5 Hal yang Memengaruhi Harga Pembuatan Website

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas, bahwa ada banyak jasa pembuatan website yang siap membantu. Tentunya dari segi penawaran harga pun pastinya bisa berbeda-beda. Ada jasa pembuatan yang bisa memberikan penawaran harga murah dan harga mahal. Nah, dari sini, kita mencari tahu mengapa harga pembuatan website bisa berbeda-beda. Dibawah ini terdapat beberapa hal yang bisa menjawab pertanyaan Anda.

  1. Nama Domain

Pastinya Anda tidak asing dengan .com, .di, .net, dan lainnya bukan? Nama domain ternyata memberi pengaruh pada mahal dan tidaknya sebuah website. Untuk domain .id sendiri harganya lebih mahal dibandingkan dengan domain .com untuk setiap tahunnya. Ini dikarenakan domain .id merupakan nama domain yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan profesional. Sedangkan untuk domain .com adalah domain umum yang banyak digunakan di berbagai wilayah dunia. Jika menginginkan nama domain yang relatif, Anda bisa memilih .xyz. Dalam pemilihan domain ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Jangan karena ingin murah harus merelakan keprofesionalan dari perusahaan.

  1. Hosting

Jika digambarkan secara sederhana, hosting merupakan layanan untuk menyimpan berbagai macam data, gambar sampai file di sebuah website. Nah hosting ini memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Semakin besar kapasitas hosting yang dipilih, maka harga pembuatan website pun akan semakin mahal untuk per tahunnya. Jadi jika Anda memilih hosting dengan kapasitas besar, maka tentu harus mengeluarkan biaya tahunan yang cukup besar. Mungkin di tahun pertama, pembayaran hosting bisa terjangkau. Namun tidak menutup kemungkinan di tahun berikutnya, harganya akan kembali ke harga normal.

  1. Design Website

Hal selanjutnya yang mempengaruhi harga pembuatan website adalah dari segi design website. Untuk design website ini ada yang gratis dan berbayar. Untuk design website gratis biasanya terbatas saat ingin berkreasi. Tetapi jika Anda menggunakan design yang berbayar, tentu akan membuat mengeluarkan anggaran lebih. Namun hasil desain website tentunya akan lebih menarik, profesional dan mewah. Beberapa klien bahkan tidak segan untuk mengeluarkan anggaran lebih asalkan mendapatkan website dengan tampilan menarik dan mewah.

  1. Jenis Website

Tentunya Anda sudah tahu mengenai jenis-jenis website bukan. Website sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan fungsinya, website dibagi menjadi dua yakni statis dan dinamis. Berdasarkan platform tempat pembuatan, website dibagi menjadi tiga. Yakni CMS, website builder, dan HTML & CSS. Sedangkan berdasarkan fungsinya, website dibagi menjadi delapan. Diantaranya adalah blog/website pribadi, ecommerce/toko online, website perusahaan, blog (content marketing), organisasi/instansi pemerintah, media sharing, komunitas online, dan website berita.

  1. Mesin/Engine

Terakhir yang membuat harga pembuatan website menjadi mahal adalah mesin website. Sederhananya mesin website dibagi menjadi dua, yaitu template dan customize. Contoh mesin template adalah WordPress, Jomla, dan lainnya. Sedangkan untuk customize memang dibuat khusus untuk website sehingga harganya mahal.